Makalah Sastra

MAKALAH MINI

 

TEMA : SASTRA

 

Pendahuluan

Berbicara tentang sejarah sastra itu sesungguhnya luas sekali pembahasannya. Sastra itu luas tidak mudah untuk dipelajari hanya satu hari . sastra dapat menjadi saksi dan komentator kehidupan manusia . sastra merupakan hal yang tidak berhenti dibicarakan sepanjang masa .pengertiannya terus diperdebatkan oleh para ahli sastra diiringi juga dengan perkembangan zaman yang makin hari makin maju.

Tentang sejarah sastra merupakan bagian dari ruang lingkup sastra dan studi sastra . ruang lingkup sastra meliputi yaitu teori sastra , kritik sastra , dan sejarah sastra ketiganya saling berkaitan. Selain itu , sastra memiliki jenis – jenisnya.

Sastra cerminan dari zaman itu sendiri . sastra beredar di dunia terutama negara kita yaitu indonesia. Setiap negara memiliki sejarah sastranya masing – masing . maka dari itu sejarah sastra itu banyak sekali . tapi disini kita akan membahas awal mula sejarah sastra muncul .

 

Rumusan masalah

1.      Bagaimana sejarah sastra?

2.      Apa itu sastra ?

3.      Apa saja jenis – jenis sastra ?

 

Tujuan sastra

1.      Untuk mengetahui perjalanan awal mula sejarah sastra

2.       Untuk mengetahui tentang sejarah sastra

Manfaat sastra

1.       Membuat semua orang tahu tentang awal sejarah  sastra dari  .

2.       Mendekripsikan sejarah sastra .

3.       Membuat setiap orang mengetahui jenis – jenis sastra .

4.      Membuat semua orang mengetahui tentang sastra.

 

Apakah itu sastra ?

Sastra adalah ungkapan ekspresi manusia berupa karya tulisan atau lisan berdasarkan pemikiran, pendapat, pengalaman , hingga ke perasaan dalam bentuk imajinatif .cerminan kenyataan atau data Asli yang diliputi  kemasan estetis melalui media bahasa.

Sejarah sastra

Cika bakal munculnya sastra yaitu ketika filsuf mulyani muncul. Buku yang berjudul poetica lebih dari  2000 tahun yang lalu oleh Aristoteles (384 – 322 Sm) . Poetica dalam bahasa yunani yang berarti puisi, penulis ,pembuat / perkarya. Tulisan memuat tentang tragedi – tragedi dan teori para penulis literatur pada umumnya. Sedangkan , poetica dalam kesastraan dari berbagai istilah . Salah satunya W.H. Hudson menyebutnya  dengan study of literature (study literatur ). literature dalam bahasa latin  literatura yang berarti menulis, belajar, atau tata bahasa . sedangkan , Rene welek dan Austin Warren sastra menyebutnya Theory of literature  , andre  lefere menyebutnya dengan literary knowledge , A teeuw menggunakan istilah Literary scholarship   yaitu ilmu sastra .

Jenis – jenis karya sastra

·         Sastra imajinatif

·         Sastra non – imajinatif

a.sastra imajinatif

Dibagi menjadi dua kategori besar yaitu puisi dan prosa .

Puisi

Puisi (dari bahasa Yunani kuno: ποιέω/ποιῶ (poiéo/poió) = I create) adalah sebuah seni tertulis. Puisi merupakan karya sastra seseorang dalam menyampaikan pesan melalui diksi dan pola tertulis. Terdiri 4 baris bersajak a-b-a-b . puisi kemudian dapat dibagi lagi menjadi genre lirik , epik , dan dramatis .

Prosa

Prosa adalah tulisan berupa cerita atau kisah berplot dalam rangkaian berbagai peristiwa yang dihasilkan dari imajanasi.  Cerminan kenyataan dan atau dari data dan informasi sesungguhnya berdasarkan fakta ilmiah.

Prosa fiksi dibagi menjadi beberapa jenis lagi berikut :

1.      Novel : ceritanya panjang dan memiliki rangkaian peristiwa yang detail dan lengkap

2.      Cerita pendek ( Cerpen ) : aspek masalahnya sangat dibatasi . sehingga , menghasilkan cerita yang jauh lebih pendek dari novel .

3.      Novelet : jumlah halaman dan durasi ceritanya lebih pendek dari novel namun tetap jauh lebih panjang dari cerpen . sekitar 60-50 halaman .

Drama

Drama adalah kisah yang menggunakan dialog untuk menyampaikan cerita dan berbagai peristiwa yang ada dalam sebuah cerita  ditampilkan di depan umum . drama dibuat dari naskah yang telah dibuat lalu diperankan . lalu di pentaskan di seni teater .

Drama dibagi dua jenis yaitu drama prosa dan puisi . dan dikategorikan menjadi Komedi , tragedi , melodrama , tragikomedi .

B. Sastra non – imajinatif

Adalah karya yang tidak dari khayalan semata dan real berdasarkan yang lmiah.

Contohnya :

1.      Essay

2.      Kritik

3.      Biografi

4.      Otobiografi

5.      Sejarah

6.      Memoar

7.      Catatan harian / diary

8.      Surat - surat

 

Kesimpulan

Sastra merupakan karya tulisan atau lisan berdasarkan pikiran dan pendapat .

Sejarah sastra muncul ketika filsuf mulyani muncul dengan buku berjudul poetica . dan juga beberapa ungkapan dan pendapat .

Jenis – jenis karya ada dua yaitu

1.      Sastra imajinatif yang terdiri dari :

·         Puisi

·         Prosa

2.      Sastra non – imajinatif yang terdiri dari :

·         Essay

·         Kritik

·         Biografi

·         Otobiografi

·         Sejarah

·         Memoar

·         Catatan harian / diary

·         Surat – surat .

 

BIODATA PENULIS

Nama : Ghina  Fitria

TTL : Bekasi , 5- desember -2003

Alamat : Bekasi

Hobi : menulis , membaca , menonton film .

Motto : jadilah pribadi yang lebih baik lagi

 

 


Komentar