Ceritaku Menulis di wattpad

CERITAKU MENULIS DI WATTPAD

 

SEKOLAH SHARING KARYA
DAN KEPENULISAN ONLINE
- KOMUNITAS SHARING  KARYA -

Hari, Tanggal              : Minggu, 07 Juni 2020

Pukul                           : 15.30 s.d 16.30 WIB

Tempat                        : Grup WhatsApp

Tema                           : Ceritaku Menulis di Wattpad

Pemateri                      : Isti Mukarromah

Moderator                   : Maulidiah Nur Hikmah

Susunan Acara :

1.      Pembukaan

2.      Pengenalan Pemateri / Narasumber

3.      Materi

a.    Pengenalan Aplikasi Wattpad

b.    Suka Duka Menulis di Wattpad

c.    Kendala dan Cara Mengatasi

d.   Tips Agar Tulisan Dikenal Orang Lain

4.      Sesi Tanya-jawab

5.      Penutup

 

 

 

CERITAKU MENULIS DI WATTPAD

Penulis Resensi : Maulidiah Nur Hikmah

            Menulis adalah salah satu bagian kesenian dengan huruf yang bersusun sebagai bahan karakternya. Lain halnya dengan seni lukis yang menjadikan kanvas dan pewarna sebagai bahan karakter seninya. Kegiatan menulis bagi sebagian orang dianggap sebagai hobi yang jembatan penyalurnya tergolong banyak. Kendatipun demikian, masih banyak kalangan kita yang tidak mengetahui bagaimana dan apa saja jembatan tersebut. Pada kegiatan sharing  karya yang diadakan oleh Komunitas Sharing  Karya (KSK): Minggu, 07 Juni 2020 pukul 15.30 s.d 16.30 WIB saat itu membawakan topik tentang
“Ceritaku Menulis di Wattpad” yang kemudian menjadi jawaban pertanyaan kalangan penulis yang masih kebingungan mencari jembatan penyalur karya tulisnya yang berjibun. Ada beberapa topik bahasan yang menjadi jendela pengetahuan baru bagi kalangan penulis khususnya, dan masyarakat luas umumnya. Berikut paparan materinya.

1.    Pengenalan Aplikasi Wattpad

Ada begitu banyak jembatan penyalur karya tulis, baik secara luring atau offline seperti: buletin; koran; majalah; tabloid; buku; dan sebagainya dalam bentuk tipografik atau cetakan, maupun secara daring atau online seperti: Blog, Wordpress, Academia, Wattpad, Instastori, Dreame, dan sebagainya dalam bentuk laman situb web bersangkutan. Satu di antara jejaring penyalur karya tulis via daring atau online ialah “Wattpad”. Wattpad adalah komunitas maupun aplikasi yang ditujukan untuk penulis dan pembaca, dikenal dengan sebutan dunia oranye. Pada aplikasi ini, kita bisa memposting tulisan yang kita buat, baik dalam bentuk artikel non fiksi, cerita pendek, cerita bersambung, puisi, dan lain sebagainya. Pun kita bisa mengikuti atau follow penulis (pengguna Wattpad), memberikan dukungan berupa nilai atau rate, komentar atau comment pada tulisan yang kita baca, dan masih banyak fitur lainnya. Tak luput pula, Wattpad memiliki hak cipta, maka penulis bisa dengan tenang memposting karya di dalamnya.

Berbicara soal aplikasi, tentu menyerta di dalamnya suatu kelebihan dan kekurangan. Hal ini dapat dikatakan wajar mengingat pembuat aplikasi ialah manusia. Segenap komponen pendukung pasti memiliki peran penting terhadap ide dan gagasan pengembang aplikasi. Aplikasi daring sebagai jembatan penyalur karya tulis dengan segala keunggulannya pun sudah barang tentu memiliki kekurangan. Kendatipun demikian, pintar memilih dan memilah serta memanfaatkan aplikasi menjadi dasar bagi penulis untuk menyalurkan karya tulisnya. Sebagai penulis yang tengah mencari saluran untuk menuangkan kreatifitas, tentu kita harus sambilalu mengenal wadah yang akan kita gunakan sebagai tempat sajian tulisan kita.

Wattpad secara garis besar memiliki keunggulan di bidang ukuran aplikasinya yang terbilang cukup kecil. Ukuran Wattpad berganti-ganti seiring pembaharuan yang dilakukan pengembang. Versi awal 3.6.1 yang dirilis pada 21 Februari 2013 ini memiliki ukuran 2,27 MB (megabit[1]). Versi ini merupakan ukuran terkecil sepanjang pembaharuan aplikasi Wattpad. Setelah sepuluh kali pembaruan dengan versi: 3.13.9; 3.13.12; 3.13.23; 4.0.1; 4.0.2; 4.1.2; 4.2.0; 4.3.2; 4.3.5, kemudian dirilislah versi 4.4.3 dengan ukuran 7,72 MB. Ukuran ini tidak dapat dikatakan naik secara drastis karena per pembaharuan versi, ukuran aplikasi Wattpad mengalami kenaikan dan penurunan ukuran dengan rata-rata 7 MB per versi. Berlanjut ke sepuluh versi selanjutnya memiliki rata-rata perubahan 8 MB per versi, dan versi selanjutnya hingga versi saat ini memiliki rata-rata perubahan sebesar 13 MB dengan lebih dari 300 kali pembaharuan versi. Kegiatan ini dilakukan tak lain demi menjawab permintaan konsumen yang menginginkan fitur layanan terbaik sepanjang bekomentar dan seiring menggunakan aplikasi. Wattpad dengan ukuran terbesar ialah versi 8.61.2 dengan ukuran 21,21 MB. Versi terbaru yang dapat diunduh ialah 8.65.0 yang dirilis pada 26 Mei 2020. Pengguna yang sudah mengunduh aplikasi ini dapat melakukan pembaruan aplikasi di perangkat masing-masing.

Pada aplikasi Wattpad terdapat fitur notifikasi apabila terdapat pengguna yang menyukai, menilai, maupun mengomentari karya yang kita publikasikan. Pengguna aplikasi pun dapat mengetahui jumlah pembaca atau viewers yang telah membuka karya dalam akun Wattpad. Selain itu, pengguna aplikasi, baik hanya akun untuk membaca maupun menulis juga dapat menikmati bacaan secara offline. Akses pun dapat dilakukan secara gratis. Tidak terdapat fitur yang fungsinya hanya dapat digunakan apabila pengguna sudah membayar tagihan. Pengguna dapat menambahkan bacaan ke dalam list yang dapat dibuat dan diedit sewaktu-waktu. Terdapat fitur ‘mengikuti’ penulis dan pembaca sehingga pengguna akan mendapat notifikasi jika akun yang diikutinya membuat aktivitas dalam Wattpad (memposting tulisan), pengguna juga dapat membaca postingan secara gratis, menambahkan ke dalam daftar ‘sudah dibaca’, ‘baru saja dibaca’, dan ‘daftar bacaan’. Fitur ini hampir sama dengan Google book, yang membedakan hanyalah akses di Wattpad gratis, tidak ada tagihan sebelum membaca karya (pada versi kemarin). Kelebihan lain yang dimiliki oleh Wattpad ialah, sebagian penggunanya merupakan penerbit yang sedang mencari naskah atau tulisan yang baginya masuk ke dalam kriteria layak untuk diterbitkan. Tentu hal ini akan menjadi angin segar bagi naskah dan tulisan yang menjumpai inang penebitnya. Telebih apabila penulis termasuk ke dalam kategori pengguna aktif, sehingga bisa memungkinkan terjadinya perekrutan penulis untuk mengabdi pada penerbit tertentu. Hal ini tentu akan menjadi ladang penghasilan bagi penulis.

Sebagaimana koin yang memiliki 2 sisi sekaligus, aplikasi Wattpad pun memiliki kekurangan di samping kelebihannya. Adapun kekurangan yang terdapat pada aplikasi ini, yaitu: tidak adanya admin yang mengontrol postingan. Tulisan yang kita unggah bisa langsung dibaca pengguna tanpa pengelolaan admin. Tidak ada kebijakan batasan genre sehingga pengguna dapat membaca segala macam bentuk tulisan yang diunggah penulis. Bahkan anak di bawah umur pun bisa menerbitkan cerita dewasa; tidak adanya aturan, syarat, maupun kebijakan yang membatasi usia minimal pengguna Wattpad. Pengguna di bawah umur pun bisa mengakses tulisan dengan mudah. Akibatnya, mereka akan rentan terhadap bacaan 18+ dan semacamnya. Tidak ada kebijakan batas usia layak baca bagi setiap karya yang dipublikasikan, begitupun sebaliknya, tidak ada kebijakan batas usia layak posting karya dengan tema tertentu. Bagi sebagian pihak, tentu ada yang merasa keberatan karena pembaharuan sering dilakukan. Padahal sejatinya, kapasitas atau ukuran pembaharuan tidak begitu besar. Persepsi sebagian masyarakat masih banyak yang memukul rata bahwa setiap ada pembaharuan, pasti akan memakan kuota dan ruang yang banyak sehingga hal ini akan menimbulkan kejengkelan dan ketidaknyamanan bagi pengguna yang belum begitu memahami. Keluhan yang datang dari pengguna pun mengomentari tentang Wattpad terbaru yang semakin membatasi jumlah bacaan di fitur perpustakaan, pun mulai terdapat beberapa bacaan yang jika diunduh ke dalam mode offline masih membutuhkan pembayaran. Selain itu, iklan yang terdapat di bagian bawah layar aplikasi pun dikomentari sangat mengganggu pengguna saat membaca tulisan di Wattpad.

 

2.      Suka Duka Menulis di Wattpad

Selama pemateri (Isti Mukarromah) terjun ke dunia oranye[2], beliau mengalami berbagai suka duka. Di antara hal yang Ia sukai ialah pengguna yang membaca dengan aplikasi Wattpad jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan aplikasi online lainnya. Hal ini dapat kita ketahui melalui materi yang diberikan pada acara Sekolah Sharing Karya Minggu, 07 Juni 2020 yang lalu. “Hal yang saya sukai dari menulis di Wattpad adalah lebih banyak yang berminat untuk membaca dibandingkan dengan menggunakan akun lain. Bahkan, beberapa teman saya ada yang meminta saya untuk membuat karya di sana”, kutipan dalam paparan materi poin kedua yang dibawa oleh pemateri. Selain itu, akses gratis memudahkan para pengguna untuk berkarya tanpa memerlukan banyak biaya.

Adapun hal yang tidak disukai pemateri ialah banyaknya sider atau pengguna atau pembaca yang tidak meninggalkan jejak nilai atau vote untuk tulisan yang diunggah. Hal tersebut juga terjadi pada ranah berkomentar. Pembaca cenderung tidak memberikan komentar jika bacaan yang dibaca tersebut dirasa kurang bagus. Tulisan hanya mengendap dan dijadikan bacaan gratis. Bagi pemateri, perlu usaha lebih jika menginginkan penghasilan melalui menulis di Wattpad.

 

3.      Kendala dan Cara Mengatasinya

Kendala dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah halangan; rintangan[3][4]. Sedangkan menurut Daryanto dalam bukunya yang berjudul Kamus Bahasa Indonesia Lengkap, ‘kendala’ diartikan sebagai faktor atau keadaan yang membatasi, menghalangi, atau mencegah pencapaian sasaran; kekuatan yang memaksa pembatalan pelaksanaan[5]. Kendala dalam dunia Wattpad bagi pemateri adalah dari segi jumlah pembaca yang tidak mencapai target. Beliau menarik beberapa kemungkinan atas ketidaktercapaian target pembaca tersebut. Di antara kemungkinannya ialah: (a) tulisan yang diunggah memang tidak begitu diminati oleh sebagian besar pengikut (akunnya), (b) Kurang rajinnya beliau dalam mengupdate atau mempromosikan tulisannya, dan (c) Belum lama ini beliau kehilangan tulisan yang sudah ditulis sehingga membuatnya harus menyambungkan ke part yang masih ada.

Untuk kendala pertama, pemateri memilih untuk mempromosikan bacaan yang diunggahnya. Walhasil, hal itu berbuah penyelesaian pada kendala jumlah target pembaca yang diharapkannya. Sedangkan untuk kendala kedua, pemateri memilih untuk tetap menulis dengan membuat tulisan baru dan menyambungkannya dengan sisa tulisan yang masih ada (yang tidak hilang).        
 

4.      Tips Agar Tulisan Dikenal Orang Lain

Tips adalah petunjuk singkat atau petunjuk praktis untuk menjalankan suatu hal. Selain kegiatan mencari dan menuangkan ide, bagi penulis juga tak lepas dari proses mempromosikan tulisan. Hal ini dimaksudkan agar tulisan dikenal orang lain. Kendatipun demikian, promosi karya adalah sekelumit cara yang dapat dilakukan. Selain promosi, masih ada lagi tips lain yang dapat diterapkan. Menurut Isti Mukarromah, tips agar tulisan kita, khususnya di Wattpad, dapat dikenal orang lain bisa dilakukan dengan beberapa tips sebagai berikut:

a.       Posting Tulisan Terbaik sesuai Kemampuan Diri       
Jika bab sebelumnya dirasa perlu direvisi, jangan ragu dan jangan takut untuk merevisinya. Selain revisi isi, pun juga bisa dilakukan revisi tata letak dan tata desain penampilan cerita.
Isi cerita yang bagus jika tidak dilengkapi dengan tata letak yang rapi akan membuat pembaca merasa tidak nyaman, dan lekas jenuh.

b.      Buatlah Judul, Deskripsi, dan Sampul yang Menarik
Bagi para pembaca, sebelum melihat isinya, tentu mereka akan  melihat judul terlebih dahulu. Kemudian menyusul pada penampilan sampul atau cover dan terakhir pembaca akan membaca deskripsi yang menyertai judul. Jika judul tampak tidak menarik, biasanya pembaca akan malas untuk membaca lebih jauh. Namun, apabila judul tidak begitu menarik, tetapi sampul yang disajikan begitu megah dan menyentuh kesan, maka tidak menutup kemungkinan bahwa tulisan kita akan dibaca. Sama halnya dengan deskripsi. Semua komponen antara judul, sampul, dan deskripsi berperan untuk saling menarik perhatian pembaca.

c.       Tambahkan Tagar[6]     
Tagar berfungsi untuk mempermudah pembaca untuk mencari hal yang diinginkan. Tagar juga berfungsi untuk menjaring tulisan saat pembaca melakukan pencarian. Gunakanlah tagar yang sesuai dengan isi cerita yang kita unggah. Akan lebih baik, jika tagar tersebut mengacu pada hal yang populer pada masa itu.

d.      Promosi
Setelah cerita dan susunannya rapi, barulah dapat kita lakukam proses pengiklanan karya. Proses ini disebut dengan promosi, yang dalam KBBI diartikan sebagai perkenalan (dalam rangka memajukan usaha, dan sebagainya). Kita dapat mempromosikan karya yang kita unggah dengan cara mengikutsertakannya ke dalam forum yang disediakan Wattpad, bisa dengan atau dibagikan ke berbagai media sosial yang kita miliki. Semakin banyak media yang kita jadikan sebagai ladang promosi, maka semakin besar pulalah potensi karya kita akan menemukan pembacanya. Namun, hal yang perlu diingat bagi penulis ialah: jangan terlalu memaksakan seseorang untuk membaca cerita yang kita unggah. Hal ini bukan berujung pada ketertarikan, melainkan akan menyebabkan mereka merasa risih dengan tindakan yang kita lakukan. Promosikanlah karya kita dengan profesional, dengan santun, dan dengan bahasa pesuasi yang sudah disusun sedemikian rapi.

e.       Jangan Menyepelekan Orang yang Muncul di Notifikasi      
Pengguna yang menjadikan tulisan kita sebagai reading list, mengikuti atau memfollow, bisa jadi memang tertarik dengan cerita kita. Hilangkan perasaan kesal karena tulisan yang kita unggah hanya dimasukkan ke dalam reading list oleh pembaca. Kita harus tetap berprasangka positif untuk menjaga energi kita tetap positif. Dengan menjaga kepositifan energi dalam tubuh kita, maka pancaran serta roman yang akan keluar dari dalam diri kita ialah berupa sisi positif juga, dan sebagai seorang penulis, pentinglah bagi kita untuk menjaga sisi positif tersebut.

f.       Aktif dalam Wattpad 
Sebagaimana orang lain banyak mengatakan, “penulis adalah pembaca”. Maka, kita pun harus aktif tidak hanya sebagai pengunggah kaya, melainkan juga sebagai pembaca karya. Jadikan satu, dua, tiga maupun beberapa karya orang lain sebagai bacaan yang kita kunjungi saat berada di aplikasi Wattpad. Selain itu, janganlah pelit untuk menambah jumlah pembaca atau viewers dalam karya orang lain, memberikan nilai, serta memberikan komentar. Jangan segan pula untuk meminta kritik dari pembaca mengenai tulisan kita, karena sejatinya melalui hal itulah kita dapat mengetahui pangsa pasar kita, mengetahui sisi kekurangan dalam karya yang kita buat. Melebarkan cakupan pandangan tentu akan memperluas cakrawala pengetahuan kita, pun membuka banyak jendela ilmu baru yang barang kali bisa mendatangkan manfaat besar bagi kita.

g.      Ikhlas, Sabar dan Tawakal dalam Berikhtiar 
Setelah segala sesuatunya sudah kita maksimalkan, sudah kita lakukan sesuai dengan kemampuan kita, maka utinitas selanjutnya yang harus kita buat ialah menyerahkan segala hal kepada-Nya. Segala apa yang menimpa diri kita tentu tak pernah luput dari kuasa tangan-Nya, dan tak akan pernah terjadi tanpa
kehendak-Nya. Ikhlas dalam beramal melalui tulisan, ikhlas dalam membantu orang lain, sabar apabila hasil belum maksimal, dan serahkan kepada Allah Al-Fattah, Yang Maha Memberi Keputusan.

 

Walakhir, menulis adalah salah satu kegiatan yang mulia. Melalui kegiatan menulislah, kita bisa menyalurkan informasi yang barangkali begitu bermanfaat bagi pembaca. Wattpad adalah salah satu jaringan yang dapat kita gunakan sebagai jembatan penyalur karya. Proses pembuatan, revisi hingga tahap promosi dapat kita maksimalkan di dalamnya dengan segala bentuk sabar, ikhtiar, dan kemudian tawakal. Kendatipun Wattpad menurut kita ialah hal yang sudah dapat dikatakan mendekati sempurna, tak semua orang bisa merasakan kecocokan serupa. Maka, hindarilah unsur pemaksaan dalam mempromosikan karya kita. Harapan penulis, semoga kita –sebagai pegiat literasi khususnya- bisa segera menemukan jembatan yang tepat serta dapat mendatangkan manfaat bagi khalayak.

 

 


[1] Berukuran sama dengan 1.000.000 bit (satuan infomasi di bawah gigabita, di atas kilobit, bita dan bit dalam sistem informasi)

[2] Sebutan untuk Wattpad

[3] Bahasa, B. P., & Indonesia, K. P. (2016, September 23). Kamus Besar Bahasa Indonesia. KBBI V 0.2.1 Beta (21), 0.2.1(Kelima). Jakarta, Daerah Khusus Ibukota, Indonesia: Play Store.

[4] Gunawan, D. A. (2002). Kamus Praktis Ilmiah Populer. Surabaya: Penerbit Kartika Surabaya.

[5] Daryanto. (1997). Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Apollo Surabaya.

[6] Tanda pagar, dalam istilah komputer digunakan sebagai tanda untuk merujuk pada topik sebuah kiriman status dalam media jejaring sosial (KBBI V 0.2.1 (21))


Komentar