BONDOWOSO, KAIFA HALL?


Pemandangan Alam Arak Arak Bondowoso - Dian Ravi
Sumber dianravi.com

Oleh: Ali Hasan Assidiqi

Bondowoso

Masihkah pohon jati yang mekar dan indah melambai di sepanjang jalan menuju kotamu? Ataukah kau ganti seperti pabrik-pabrik yang berasap di sepanjang jalanmu.

Bondowoso

Masihkah ia  kera-kera bergelantung di sepanjang pohon menuju perbatasanmu? Ataukah ia mati dan hilang karena para harimau pemburu tanpa kau membentenginya.

Bondowoso
Masihkan makanan tape di sepanjang jalan menjadi ciri khasmu? Ataukah ia sirna karena candu terhadap global internet yang menghantui masyarakatmu

Bondowoso

Masihkan alunan Alquran terus menjadi alunan di disetiap desamu? Ataukah ia terganti oleh lagu-lagu yang tak memiliki faedah terhadap masyarakatmu.

Bondowoso

Masihkan pemimpin dikotamu  ingat perjuangan atas kelahiranmu? Ataukah kini lupa karena waktu tak pernah menampilkan sejarahmu.

Bondowoso

Masihkah sari-sari pikiran dan perjuangan Ki Ronggo tercancap di seluruh masyarakatmu? Ataukah seperti penggalan-penggalan kata berserakan di jalan tak bermakna seperti kertas yang terbengkalai.

 

Bondowoso

Kaifa Hall? Bagaimana pemimpinmu, dan seluruh para rakyatmu? Masihkah mereka menderita ataukah kini mereka telah bahagia?

 

Bondowoso

Sejarah telah mengukir namamu

Sejarah telah mengukir makanan khasmu

Dan sejarah telah mengukir tentang suara-suara di kotamu.

 

Bondowoso

Di mana-mana ada Bondowoso

Di mana-mana ada tape makanan favoritmu

Di mana-mana ada pemimpin masa depanmu

Di mana-mana ada Masyarakat yang setia padamu

 

Bondowoso

Aku Rindu Kau...!!!

Kecil tapi indah

Sepi tapi sahdu di dalam hatiku.

Dan selalu memberiku sejuta bintang kenangan yang tak ternilai.


Nb: puisi ini aku tulis sebagian mengunakan alur puisi sastrawan terkenal, tapi di dalamnya aku bedakan. Puisi ini kutulis atas kecintaan kepada kota kelahiranku. Kota kecil tapi indah dan kota kecil yang penuh sejarah dan alam yang seri indah  

Komentar