PERISTIWA PENTING HIJRAH NABI :
(Habasyah , Thaif Dan Yasrib)
A.
Negeri Tujuan Pertama Nabi
Pada tahun ke4
– 5 kenabian terdapat persitiwa penting dalam sejarah umat Islam dimana keadaan
waktu itu keadaan social dan politik umat muslim tidak menguntungkan di kota
Mekka banyak umat Islam yang mendapatkan destrikiminasi dari kafir Quraisy pada
kondisi seperti itu turunlah surah Az – Zumar ayat 10 yang di perintahkan oleh
Allah untuk berhijrah.[1]
Rasulullah
berhijrah bersama para pengikutnya untuk hijrah keHabsyi karna Rasulullah
mengetahui disana terdapat seorang raja Ashnama an – Najasyi yang sangat
bijaksana. Pada bulan rajab tahun ke5 kenabiaan berangkatlah 11 orang laki -
laki dan 4 wanita, rombongan ini diketuai oleh Utsman bin Affan dan Ruqqayah
lalu Zubair bin Awwam, Abdurahman bin Auf, Mush’ab bin Umair, Abu Salaman serta
istrinya Ummu Salaman dan Utsman bin Mad’zu.( Tim
Media Adi Karya, hlm 13)
Mereka diterima baik oleh Raja An-Najasyi bahkan raja memberika
perlindungan dan mengizinkan orang Islam untuk beribadah dan boleh menetap
diHabsyi selamnya ini peristiwa pertama dimana Islam bisa menyebar di Afirkan
Raja An – Najsyi memberikan kaum muslim Negari terletak disebelah utara profinsi
Tigray
Setelah 3 bulan bermungkim di Habsyah terdapat kabar bahwa orang – orang
makkah telah berpindah keyakinan dan meraka telah beriman kepada Allah, setelah
mendapatkan kabar seperti ini Utsman bin Mad’zun kembali ke Mekkah tetapi itu
hanya tipu muslihat agar umat muslim kembali ke Mekkah maka para sahabat
kembali ke Habasyah bersama rombongan lain. ( Hernila, ida, 2014: 39)
Rombongan ini disebut hijrah Habsyah periode II hijrah ke2 ini diketahui
oleh Ja’af bin Abi Thalib yang berdiri dari 83 pria dan 18 wanita .lalu ketika
itu kondisi sedikit kacau ketika orang kafir mengirim 2 orang yaitu Abdullah
bin Abi Rabi’an dan Ami bin Al Ash bin Wail As Sahmi mereka memberi hadiah
untuk raja An- Najsyi tujuan meraka kesana pertama karana orang kafir takut
Islam berkembang di Habasyah kedua, untuk merusak hubungan baik anatara raja An
– Najsyi dan orang – orang Islam di saat seperti itu Raja An – Najasyi memita
klarifikasi mengenasi ajaran Islam lalu Ja’far bin Abi Thalib memberikan
statmen ajaran Islam yang bertolak belakang dengan ajaran Nasrani maka setelah
itu Raja berpindah masuk Islam misi orang kafir pun gagal karna Raja menolak
dengan tegas (jurnal Islam Digest, 2011. 1)
sesudah peristiwa itu banyak para sahabat yang menetap dan menyebarkan dakwa
Islam di Habsyah
B. Misi ke Thaif
Pada tahun 10 kenabian disebutkan dengan ‘amul huzni’ karna
di tahun ini dimana orang pulang tercinta meningalnya yaitu Siti Khadijah dan
Abu Thalib mereka ialah sosok penguat, pembela dan pelindung yang ditakuti oleh
masyrakat Mekkah
Ketika itu orang orang kafir semakin menjadi – jadi pada bulan
syawwal tahun ke10 kenabiaan / Mei tahun 619 M. Rasulullah meninggalkan Mekkah
dan pergi ke Thaif bersama Zaid bin Haritsah yang berjarak 60 m darikota
mekkah, alasan nabi Muhammad memilih Thaif yaitu ;
1)
Thaif
merupakan kota kedua setelah Madinah dan jarak Thaif ke Mekkah tidak terlalu
jauh dan Thaif sebagai kota yang istimewa sesuai firman Allah Q.S Az – Zuhruf :
31[2]
2)
Meminta
pertolongan keluarga yang ada di Thaif yaitu kinanah yang bergelar Abu Jalil
dan Mas’ud yang bergelar Abu Kuhal serta Habla mereka ialah para tokoh penguasa
di Thaif yang berasal dari keturunan
Tsaqifi yang masih memiliki hubungan kekerabatan.
Ketika tiba di
Thaif nabi di caci maki bahkan beliau di usir dengan cara yang tidak terhormat
dipukuli batu dan kotoran hal ini membuat nabi terluka. Alasanya mereka tidak
mau membantu nabi karna untuk menhindari konflik terhadap Mekkah selain itu Abu
Jahal juga memfitna nabi.
Nabi dan Zabit
pergi dengan kondisi terluka ketika di perjalanan beliau beristirahat dikebun
anggur milik Uthbah dan Syaibah anak Rabiah lalu mereka menyuruh budak mereka
bernama Addas yang beragama Nasrani untuk memberikannya anggur, ketika Nabi
mengucapkan ‘Bismillah’ membuat Addas takjub dan setelah itu Addas masuk
Islam. Setelah itu nabi melanjutkan perjalan dan sampailah di tempat Qarn Al-
Manzil malaikat penjaga gunung yang menunggu perintah nabi untuk menghancurkan
kota Thaif tetapi nabi-pun menolaknya dan turunlah Surah Al – Ahqaf 29 -32
setelah mendengar berita itu nabi tidak galau lagi dan melanjutkan perjalannya
menuju Mekkah
Sebelum sampai
di Mekkah nabi ke gua hira lalu mengutus Al – Muth’im untuk meminta tolong dan
mendapat perlindungan ketika sampai beliau dirukun Yamani beliau melakukan
thawaf dan sholat kemudia pulang kerumah.
C. Yastrib
Pada suatu hari
saat Rasulullah hampir melakukan ritual haji datanglah 10 orang dari yastrib lalu
nabi menyampaikan risalah Islam lalu Rasulullah menceritakan kondisi umat Islam
saat itu dan pemuda itu masuk Islam lalu pemuda itu kembali ke yastrib dan
memberitahu ada nabi terakhir yang akan menyampaikan risalah dan penduduk
yasrib menerima kedatangan nabi.
Pada tahun 12
kenabian /621 M nabi menemui 12 jamaah haji dari yastrib, diantaranya 9 orang
dari Khurzraj dan 3 dari Aus pertemuan ini berada dibukit Aqabah di bukit ini
menjadi bukti perjanjian Aqabah perjanjiannya ialah( Herlina,ida. 2014 : 90)
1)
Tidak
mempersekutukan Allah.
|
2)
Tidak
mencuri.
|
3)
Tidak
berdusta.
|
4)
Tidak
membunuh anak perempuan.
|
5)
Tidak
memfitnah.
|
6)
Tidak
melakukan hal tercelah dan setia kepada Allah dan Rasulnya.
|
Pada tahun ke13
kenabian / 622 M 73 Orang yang dipimpin oleh Al – Barra bin Ma’rur bersama
Mush’ab bin Umar datang menemui beliau dibukit Aqabah gar beliau hujrah ke
Yastrib terdapat baiat Aqabah ke II dan isinya:(Thohari, Muhammad Amin, 2014 :
45)
1)
Penduduk
Yastrib siap melindungi Nabi.
|
2)
Penduduk
Yastrib ikut berjuang dan membela agama Islam dengan harta dan jiwa.
|
3)
Penduduk
Yastrib ikut memajukan agama Islam dan menyiarkan kepada kerabat.
|
4)
Penduduk
Yasrib siap menerima resiko dari tantangan yang akan dihadapi.
|
Ketika mendapat
perlindungan dari orang Yasrib maka nabi memerintahkan umat muslim untuk hijrah
ke Yasrib.Pada tahun 622 M 12 Rabbiul awal pemeluk Islam sudah mencapai lebih
500 orang Yasrib semakin berkembang setelah ada nabi adapun kebijakan nabi saat
di yastrib.
Daftar Pustaka
Syaikh Shafiyyurahman al- Mubarakfuri.2012.Ar – Rahiq Al- Makhtum.
Jakarta : Darul Haq. Thohari, Muhammad
Amin. 2014.Sejarah Kebudayaan Islam pendekatan Saintifik Kurikulum 2013
Madrasah Tsanawiyah 7. Jakarta :Kementrian Agama. Jurnal Islam Digest. 2011.
Republika. Hernila, Ida. 2014. Sejarah Kebudayaan Islam pendekatan Saintifik
Kurikulum 2013 Madrasah Ibtidayah 4. Jakarta :Kementrian Agama. Tim Media Adi
Karya. Sejarah Kebudayaan Islam 10 Madrasah Alyah. Solo : CV Media Adi Karya
Grafika
[2] Thohari, Muhammad Amin, Sejarah Kebudayaan Islam pendekatan
Saintifik Kurikulum 2013 Madrasah Tsanawiyah 7. Jakarta :Kementrian Agama 2014
: 43
Komentar
Posting Komentar