SELAIN MENCUCI TANGAN, 3 HAL INI JUGA MEMBUAT MAKANANMU MENJADI BERKAH

8 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Gastritis

sumber: halodoc.com

SELAIN MENCUCI TANGAN,

3 HAL INI JUGA MEMBUAT MAKANANMU MENJADI BERKAH

Oleh: Irma Aprilia

 

Kalau makanan udah berkah, tentu akan menimbulkan dampak baik bagi tubuh. Kalau sehat, mah insya Allah dikasih, yaa. Tapi biar sehat tapi nggak berkah gimana?? hayoo.. hay tayo-hay tayo hehe..

Kali ini kita mau membahas soal makanan, nih. Tapi bukan mau promosi yoo, hehehe. Yap, kita mau bahas sedikit bagaimana, sih tips ala Islam supaya makanan kita nggak cuman masuk perut trus keluar, masuk perut keluar lagi, begitcuu terus,  kira-kira capek juga, ya kan, hehee... Ya, udah ilustrasinya udahan, aja ye wkwkw. Kuy, kita langsung kepoin aja yang berikut ini.

Semua orang pengennn bangett disehatin, ya khann, tapi sehatnya dibuat apaan nih, hehehe.. jangan-jangan buat main game seharian, nih para bro. Aduhh, jangan juga ya, gitu. Kalau kita dikasih vonis sama dokter, nih kalau umur kita tinggal sebulan lagi, kira-kira mau ngapain coba?? Mau naikin level Mobile Legend? liat Doraemon keluar dari tv? atau tik tok-an dulu, nih? Hayoo..

Wedehhh.. jangan sampai, ya. Sejatinya hidup itu cuma sebentar. Kaya orang kepanasan trus bernaung, kalau sudah agak teduh baru, deh cabut lagi.

Okehh, kita next, bismillahirrahmanirrahim

عَنْ سَلْمَانَ ، قَالَ رَسُوْلُااللّٰهِ ص.ل.م. : بَرَكَةُالطَّعَامِ اَلْوُضُوْءُقَبْلَهُ وَالْوُضُوْءُبَعْدَهَ (رواه الترمذي وابوداود)

Dari Salman Ra., Rasulullah Saw mengatakan : "Berkah akan diterima orang yang makan dengan mencuci tangan sebelumnya dan mencuci tangan setelah makan." (HR. Tirmidzi dan Abu Daud)

Subhanallah banget, ya.  Cuci tangannya aja bisa berkah apalagi kalau nanti makannya, ya khan, hemm. Makannya sama  minumnya pakai tangan kanan, ya teman jangan loppah ;) Aduh, sudah perhatian baik lagi, makasih Ya Allah :)

Okehh, daripada kelamaan berikut ini dia 3 hal tersebut :)

1. Membaca Doa Sebelum dan Sesudah Makanan Dihidangkan 

Dari Abdullah bin Umar bin Ash Ra. bahwa Nabi saw bila dihidangkan makanan, beliau berdoa :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَ قْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ االنَّارِ، بِاسْمِ اللَّهِ

"Ya, Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang Engkau berikan kepada kami dan lindungilah kami dari siksa api neraka. Bismillah."

Kalau sudah makan minumnya, jangan lupa baca doa selesai makannya sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Allah. Ya, minimal Alhamdulillah, lah ya tapi kalau makanannya penuh semeja massa... (#34$+&adfgrk) hehe.. sambil sendawa lagi, yah :). Hem.. diukur2 juga, ya bat hehehe... 

Dari Abu Said Al Khudri Ra. katanya, bahwa Rasulullah Saw, kalau selesai makan, biasa mengucapkan:

الْحَمْدُلِلَّهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَاوَسَقَانَاوَجَعَلَنَامُسْلِمِيْنَ

"Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makan dan minum dan menjadikanku seorang muslim." (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Atau bisa juga membaca yang ini :

اَللَّهُمَّ اَطْعَمْتَ وَاَسْفَيْتَ، وَاَقْنَيْتَ وهَدَ يْتَ، وَاَحْيَيْتَ فَلِلَّهِ الْحَمْدُعَلَي مَااَعْطَيْتَ

"Ya, Allah Engkau telah memberi makan, memberi minum, memberi harta, memberi hidayah, dan memberi pengharapan. Hanya milik Allahlah semua pujian, atas semua yang telah diberikan." (HR. Ahmad)

2. Tidak Menyisakan Makanan

Dari Annas Ra. : Apabila Rasulullah Saw bersantap, beliau biasa menjilati tiga jari tangannya, dan berkata : "Kalau salah seorang kalian menjatuhkan sepotong bagian makanan, sebaiknya dia membersihkan kotorannya dan memakan sisanya yang masih bersih dan janganlah menyisakan untuk syetan.". Kemudian Nabi Saw menyuruh kami membersihkan mangkok . Lalu beliau berkata : "Kalian tidak tahu di bagian mana dari makananmu yang mengandung kerberkahan." (HR. Muslim)

3. Tidak Makan Sendirian

Dari Umar Ra. : Rasulullah Saw pernah mengatakan : "Makanlah bersama-sama dan janganlah makan sendiri-sendiri, sebab berkah akan datang pada mereka yang bersama-sama." (HR. Ibnu Majah).

Nah, itulah tadi cara islam yang harus kita lakuin supaya makanan yang kita makan tambah berkah. Biar makanan cuma daun singkong plus tahu-tempe, tapi bisa dibawa baca Alquran 10 juz sehari. Daripada banyak tapi jadi daging ngga, pintar juga ngga. So, jadi apa? Hayu, jadi apa prok prok prok, hehe. Dari tadi suka nanya mullu. Iya, maepin, ya :)

PENULIS

Irma Rima lahir di Balikpapan 19 April 2000. Gemar menulis sajak.Karya yang sudah diterbitkan, antologi puisi Hujan (2018), antologi puisi Loppah, 20 terbaik (2019),  Hujan Bulan Juni (2018), Rainy Day (2018), Antologi puisi ASKS KALSEL, Antologi ASKS KALSEL XVI Tanah Bumbu, Semerbak Hutan Seharum Ombak (2019).

 

 

 


Komentar

Posting Komentar