MENULIS DI WATTPAD SIAPA TAKUT?

 

MENULIS DI WATTPAD SIAPA TAKUT?

 

PEMATERI : AKARA MENTARI

MODERATOR : ALI HASAN ASSIDIQI

PENULIS RESENSI: SAFITRA AMALIA

 

 

MODERATOR

Pengantar

Assalamualaikum Wr Wb. Semua peserta sekolah seminar karya dan kepenulisan online.

Alhamdulillah, di siang yang cerah, dengan keadaan yang semoga lebih baik serta kondisi hampir merubah tatanan kehidupan ini. Kita semuanya masih bertemu ya walau gak secara langsung semoga semuanya tetap sehat dan diberi kelancaran rizki dan yang diinginkan. Aminn.

Sebelumnya perkenalkan saya (Ali Hasan ) boleh dipanggil sesuka kalian akan menjadi moderator kali ini. Semoga semangat selalu ya

Kita sudah tahu nih. Di era digital dalam dunia literasi saat ini tak asing lagi dengan kata" menulis wattpad. Kebanyakan dari kita yang belum pernah pasti bertanya? Bagaimana caranya dan apa istimewanya nih sampai-sampai ada komunitas penulis wattpad dan lainnya. Sedangkan bagi yang sudah nulis nih di wattpad, masih bingung cari pembaca, masih bingung bagaimana caranya agar tulisan dilihat orang bahkan kalau perlu karya dibukukan tuh.

Belum lagi mood kalau kata anak sekrg yang selalu menghantui kepenulisan kita yang membuat kita tak bisa banyak menulis.

Nah daripada bingung cari solusi dimana belajar dan menyelesaikan pertanyaan dan masalah seperti itu. Hari ini kita hadir dengan pemateri ke 4 yang tauh jauh beda dengan sebelumnya, akan mengulas tema "Menulis di wattpad siapa takut?"

Baiklah, tanpa banyak kata pengantar kita sambut pemateri kita. Dan jangan lupa ketika pemateri sudah salam, dijawab lalu beri tepuk tangan ya.

Pemateri saya persilahkan dimulai.

 

Assalamualaikum. Halooo salam kenal semua!

Izinkan saya, memperkenalkan diri. Pernah dengar istilah ''tak kenal, maka tak sayang.'' ? nahh sekarang kita kenalan yah! Biar makin sayang.

Akara Mentari Anindhiya Putri, lahir di kota kembang 17 tahun lalu. Awal mula, ketertarikan saya di dunia literasi bermula saat menginjak bangku SMA. Ya, tepat 2 tahun lalu.

Apalah saya yang dulu? Boro boro menyukai literasi. Membaca saja, saya tidak suka. Tapi, anehnya saya sekarang jadi pegiat literasi dan bahkan berkecimpung di dunia penerbitan. Terkadang, takdir selucu itu. Awal mula, benci tiba tiba jadi cinta.

 

Ya, saya merupakan founder dari komunitas Cakrawala Sastra Indonesia dan CSI PUBLISHER. Mereka, didirikan dari kesadaran akan pentingnya mewujudkan sebuah impian! Ya, saya seorang gadis biasa dengan tekad kuat untuk mengukir takdir sendiri.

 

Owh, yuk! Yang mau kenal saya lewat sosmed lain:

 

IG: @putri_shavna

WP: shavnaagitsni

WA: 087775522893

Email: shavnaagitsni@gmail.com

 

Materi

APA ITU WATTPAD?

Wattpad atau www.wattpad.comadalah sebuah media online atau bisa juga disebut sebagai media sosial bagi para penulis. Bisa dikatakan bahwa wattpad adalah wadah bagi para penulis yang baru mau memulai karirnya sampai penulis yang sudah terkenal. Kini wattpad telah tersedia dalam bentuk aplikasi android, IOS, dan kabarnya juga telah tersedia di windows phone.

Setelah kita tahu, apa itu wattpad berikut saya akan jelaskan. Apa sih, sebenernya fungsi wattpad itu?

 

APA FUNGSINYA?

Wattpad berfungsi untuk membaca maupun menulis buku. Di wattpad tersedia jutaan cerita dengan berbagai bahasa (termasuk Bahasa Indonesia) yang terdiri dari belasan genre.

Wattpad juga menyediakan fitur-fitur keren seperti vote (untuk memvote buku), comment (untuk berkomentar pada buku), share (untuk berbagi), library (untuk menyimpan buku agar bisa dibaca offline), follow (untuk mengikuti orang kaya di twitter dan instagram), dedicate (untuk mendedikasikan pengguna lain), dan masih banyak fitur keren lainnya.

Kalau barusan kita membahas tentang menjadi pembaca di wattpad, kali ini kita akan membahas tentang menjadi penulis di wattpad (seperti saya). Di wattpad kita bisa menulis per-part jadi kita gak harus menyelesaikan ceritanya sampai tamat baru dipublish, jadi sistem di wattpad adalah update! Kita harus update buku kita chapter demi chapter sesuai kemauan anda, kalau saya sih seminggu sekali.

Jadi, kalian sudah faham apa itu wattpad dan fungsinya?

 

 Sekarang, kita bahas. Apa aja, sih keuntungan menulis di wattpad itu?

 

APA KEUNTUNGANNYA?

Dengan wattpad kita bisa membaca dan menulis buku GRATIS! Nah misalkan kalian nulis buku di wattpad, trus kalian juga sering memvote buku orang lain, secara otomatis anda akan dikenal. Jika anda dikenal maka buku anda bakal banyak yang baca.

Nah, kalau bukunya bagus otomatis bakal banyak yang memvote. Kalau buku anda banyak vote dan commentnya maka secara otomatis buku anda akan menjadi peringkat satu pada genre buku yang anda tulis.

Nah, kalau udah ranking satu pasti jadi makin terkenal dan banyak yang share. Nah kalau udah banyak yang share, ada kemungkinan para penerbit pro akan melirik buku anda. Kalau penerbit tertarik otomatis buku anda akan dicetak alias diterbitin. Nah kalau udah diterbitin anda dapat meraih uang banyak apalagi kalau bukunya laku di pasaran.

Udah banyak cerita di wattpad yang sekarangnya menjadi bentuk buku alias udah diterbitin. Bahkan ada yang udah dijadiin film. Semua itu berawal dari wattpad! Nah tertarik mulai nih? Kalau gitu langsung aja.

Bagi pengguna PC atau Laptop silahkan langsung kunjungi www.wattpad.com

Keren kan! So, jangan takut buat nyoba.

Waw keren ✨✨ paham kan. Yuk lanjut

 

Nah, di wattpad juga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa aja sih ka? Ini nih!

Menulis novel bisa jadi merupakan impian banyak orang. Mungkin salah satunya adalah kamu. Sebab selain menyenangkan, tentu ada perasaan bahagia bila karyamu dapat diterbitkan. Bener ngga?14Jika mungkin malah dibaca banyak orang dan kemudian masuk dalam jajaran novel best seller. #semogaakujuga #amin...

Tetapi kebanyakan dari keinginan itu hanya sebatas keinginan saja. Banyak yang tidak kunjung memulai menulis novelnya sendiri. Alasannya beragam, yang paling sering adalah “saya seorang pemula, tidak tahu bagaimana caranya menulis novel.” 

Atau "Aku ngga tahu ka mau nulis ceritanya darimana dulu." Jika sudah begini maka akan sulit untuk memulai menulis novel. Bahkan untuk membuat beberapa kalimat pembuka saja tidak ada gambaran. Namun jangan khawatir, di sini akan dibahas langkah demi langkah cara menulis novel bagi pemula. Yeayyyyyy!!!!!!

 

1.      Pilih genre yang tepat untuk cerita Anda. Genre akan memengaruhi jenis karakter yang akan Anda kembangkan dan plot yang akan Anda bangun. Ambil genre yang Anda minati dan sukai. Contohnya, jika Anda tertarik dengan hal-hal yang aneh dan ganjil, mungkin Anda tertarik menulis cerita horor atau fiksi ilmiah.

Genre roman dan fiksi penggemar merupakan dua genre yang sangat populer di Wattpad. Jika ingin menyasar audiens terbesar, berfokuslah pada salah satu genre ini.

 

2.      Tulis profil karakter Anda. Dengan menjabarkan profil karakter, Anda tidak akan kesulitan menciptakan karakter yang kuat dan nyata. Mulailah dengan memprofilkan karakter utama Anda. Seperti apa rupa mereka? Bagaimana kepribadian mereka? Apa mimpi, tujuan, dan rasa takut mereka? Peristiwa penting apa yang mereka alami di masa lalu?Sesudah menjabarkan profil karakter utama, Anda bisa mulai memikirkan profil karakter pendukung.Cerita Anda tidak perlu menyebutkan semua detail yang Anda tulis dalam profil tersebut. Namun, semakin mengenal karakter dalam cerita, semakin Anda mudah menuliskannya.

3.      Tentukan alur dasar cerita Anda.  Beberapa penulis lebih suka menetapkan plot utuh sebelum mulai menulis. Sementara itu, penulis lainnya memilih langsung memulai dengan dengan alur dasar dan mengisi lubang-lubang yang ada saat proses menulis berlangsung. Ada juga penulis yang menemukan alur saat di tengah-tengah proses menulis. Apa pun cara Anda, semua pendekatan itu boleh digunakan. Segera susun garis besar alur cerita dan mulailah tulisan Anda dari situ.

Salah satu cara bagus untuk memancing ide Anda menciptakan alur adalah mengajukan pertanyaan yang perlu dijawab oleh cerita Anda. Misalnya, Lord of the Rings menjawab pertanyaan seperti, “Apa yang akan terjadi jika nasib dunia disandarkan ke pundak seorang hobbit?” dan “Apa yang akan terjadi jika sekelompok orang yang berkawan akrab memulai petualangan yang mendebarkan sekaligus penuh bahaya bersama-sama?”

 

 

4.       Tuliskan rancangan tulisan pertama. Menuliskan rancangan tulisan pertama ini bertujuan mendapatkan fondasi cerita secara tertulis (baik di atas kertas maupun digital). Tidak perlu menulis cerita sesempurna mungkin pada tahap ini. Berfokuslah pada memasukkan karakter-karakter cerita Anda dan kejadian-kejadian yang akan berlangsung sepanjang cerita.Jangan berfokus terlalu dalam pada tata bahasa atau ejaan pada tahap ini. Anda boleh saja memperbaiki hal-hal dasar dan sederhana, tetapi penyuntingan intensif sebaiknya dilakukan nanti.Panjang cerita-cerita dalam Watpad berbeda-beda, dari yang termasuk kategori novela (sekitar 7.500 kata) hingga kategori novel utuh (lebih daripada 40.000 kata). Tuangkan sebanyak mungkin cerita Anda ke dalam tulisan tanpa menambah-nambahi hal-hal tidak perlu.

Jadi, gimana? Masih takut berkarya di wattpad? Hayuk mulai berkarya! Jangan takut ya, berkarya bisa di mulai di mana aja

Peringatan

Meski wattpad adalah media sosial, kalian harus bertanggung jawab terhadap buku yang kalian tulis. Kalian tidak boleh menjiplak buku atau melakukan hal-hal buruk lainnya. Perlu kalian ingat, jadilah penulis yang bertanggung jawab.

Sekian dari saya, Akara Mentari

 

MODERATOR

Tanya Jawab dan Penutup

 

Wah menarik sekali kan materinya. Dan disampaikan oleh orang-orang ahli pengalaman seperti ini. Semoga materi itu kalian bisa cerna dan dapat ilmunya ya. Jangan lupa di beri tanda biar gak ilang

Baiklah. Biar diskusi lebih menarik. Yuk yuk yang masih ngawang ini atau punya unek" pertanyaan jangan disimpan keluarkan saja

Pertanyaan 1

Hikmah_Sukowono

 

Selamat pagi beranjak siang, Kak

Izin bertanya, terkait tips poin ke-4, terkadang ada saja yg menggelitik diri unt sembari menulis pun melakukan revisi".. Tak jarang jua setelah setengah menulis, kursor pindah lagi ke paragraf atas, membaca ulang dan ulang. Alur pengerjaannya sering seperti itu,, laluu bagaimana nih Kak caranya agar diri bisa menahan keinginan besar unt melakukan seperti halnya di atas'?

 

Terima kasih

 

Jawaban 1

Ini tergantung di kitanya ya kak, mau bagaimana. Terkadang, ada orang yang melakukan revisi saat menulis ide itu tiba tiba stuck  susah buat lanjut, karna fokus terpecah.

Jika ingin, melakukan revisian di awal pun tak apa. Asalkan, tidak mengganggu kelancaran saat menulis di part selanjutnya.

 

Pertanyaann 2

Risa - Jawa Timur

 

Terimakasih materi luar biasanya. Izin bertanya. Saya masih belum pernah menyentuh wattpad. Nah saya mau tanyak cara mendaftarnya seperti blog apa tidak? Kemudian di wattpad sendiri adakah hal menarik selain kita bisa menulis sendiri atau melihat tulisan orang lain? Dan bagaimaja agar tulisan kita banyak dibaca?

Makasih

 

Jawaban 2

Daftar wattpad gampang banget. Pake email, bisa langsung log in. Kek ig, lebih tepatnya.

 

Di wattpad, selain tempat membaca dan menulis juga tempat membangun relasi.

Disana, kita bisa bangun brand agar di lirik oleh para penerbit.

 

Tipsnya:

1. Perkuat karakter tokoh

2. Buat cover menarik

3. Bikin pembaca penasaran

4. BUAT ENDING YANG HEBAT!

 

Pertanyaan 3

Ronaldo Simanungkalit

 

Izin bertanya kak

Brapa sih ukuran cover pada WP yang baiknya, dan darimana biasanya kita bisa menentukan cover kita itu menarik.?? Terima kasih kak..

Jawaban 3

1 banding 1

 

Untuk ukuran cover menarik, saya kurang tahu. Karna, setiap orang berbeda selera.

Oleh karnanya, kenali selera pembaca anda!

 

Pertanyaan 4

Rahmi_Sumut

 

Izin bertanya kakak

Saya punya kendala dan sering bingung dalam menciptakan judul. Baik itu judul buku maupun judul chapter. Cerita sudah berkeliling² dan saya punya banyak ide cerita tp sering bingung di judul.

Gimana cara mengatasi nya? Atau ada tips gitu? Terimakasih

Jawaban 4

Pentingnya bikin outline tuh gini nih. Biar, semua tersusun dan tidak kebingungan di pertengahan.

Dalam outline, kita rinci semuanya. Terkadang, setelah outline tercipta suatu kesimpulan sering kali muncul. Dan itu, bisa di jadikan sebagai judul.

 

Pertanyaan 5

Natsya_Sendangan

 

Bagaimana cara untuk menciptakan alur yang baik dan tidak bertele-tele tetapi tetap membuat orang penasaran dengan cerita yang kita tulis?

Jawaban 5

Jika ingin karya berkualitas, bacalah karya karya yang berkualitas pula.

Dari karya-karya itulah, kita bisa belajar bagaimana alur yg berkualitas itu, teknisnya seperti apa sehingga tidak ber Tele tele karna penghamburan kata.

 

Pertanyaan 6

Assalamu alaikum

Hasriana-parigi (sul-sel)

 

Izin bertanya kak. Bagaimana caranya menggabungkan cerita tentang pengalaman  pribadi dengan sesuatu yg fiksi dan alurnya tepat?

Terimah kasih

Jawaban 6

Huhu ini memang benar. Terkadang, pengalaman pribadi lebih drama dibanding kisah2 di dalam novel.

Mau full kisah nyata juga boleh. Namun, dalam penuangan ide nya bisa memperbanyak bacaan penulis lain. Inget, bukan jiplak yak. Tapi, buat belajar

 

Penutup

Pemateri :

Okey, guyss pesan dari saya jangan berhenti berkarya! Mulailah, dengan aksi aksi kecil.

Dan semoga, dari materi tadi bisa menjadi pembelajaran bagi semua.

Mohon maaf, jika kurang maksimal. Karna saya pun masih dalam tahap pembelajaran.

 

Moderator : Wah Alhamdulillah nih semuanya sudah selesai dan terjawab ya ✨✨. Pasti banyak ilmu kan dah yang kalian dapat. Mulai dari materi 1 awal bulan dulu hingga materi 4 di akhir bulan ini.

Baiklah karena sudah waktu habis nih diskusi. 1,5 jam kita berjalan ya. Semoga bermamfaat.

Terimakasih kepada Pemateri dan saya moderator juga mohon maaf apabila ada salah dan terimakasih.

Pesan dari saya. Jangan lupa berkarya mumpung kita masih ada dan diberi kesempatan ya

Terimakasih.

Kita tutup diskusi kali ini

Wassalamualaikum wr wb


Komentar